Definisi Media Pembelajaran
oleh : Siti Fauziah
Kata Media sendiri berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata Medium yang secara harfiah berarti “perantara” atau “penyalur”. Dengan demikian, maka media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau penyalur pesan. Gerlach dan Ely (1971) menyatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Dalam pengetahuan ini, guru, buku teks dan lingkungan sekolah merupakan media.
Secara
lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung
diartikan sebagai alat-alat grafis,
fotografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun
kembali informasi visual dan verbal. Batasan lain AECT (Association of Education and Communication Technology, 1977)
memberikan batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang
digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Apabila media itu membawa pesan-pesan atau informasi
yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka
media itu disebut media pengajaran.
Pengertian
lain disebutkan bahwa Pengertian Media adalah sebuah alat yang menyampaikan
fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1977). Media Pembelajaran adalah sebuah alat
yang berfungsi dan digunakan untuk pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah
proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Dapat dikatakan
bahwa komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana untuk menyampaikan pesan.
Pesan yang dimaksud adalah materi pelajaran, dimana keberadaan media tersebut
dimaksudkan agar pesan lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa. Bila
media adalah sumber belajar, maka secara luas media dapat diartikan dengan
manusia, benda, ataupun peristiwa yang berkaitan dengan kegiatan siswa yang
memungkinkan anak didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan.
Substansi
dari Media Pembelajaran adalah :
1. Bentuk saluran yang digunakan dengan menyalurkan pesan, informasi atau bahan pelajaran kepada penerima pesan atau pembelajar.
1. Bentuk saluran yang digunakan dengan menyalurkan pesan, informasi atau bahan pelajaran kepada penerima pesan atau pembelajar.
2. Berbagai
jenis komponen dalam lingkungan pembelajar yang dapat merangsang pembelajar
untuk belajar.
3. Bentuk
alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.
4. Bentuk-bentuk
komunikasi yang dapat merangsang pembelajar untuk belajar, baik cetak maupun
audio, visual, dan audio visual ((Bovee, 1977).
Referensi
Sundayana.Rostina.2013.Media Pembelajaran Matematika.Bandung:Alfabeta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar