Senin, 24 Maret 2014

Definisi Media Pembelajaran



 Definisi Media Pembelajaran
oleh : Siti Fauziah 

Kata Media sendiri berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata Medium yang secara harfiah berarti “perantara” atau “penyalur”. Dengan demikian, maka media merupakan wahana penyalur  informasi belajar atau penyalur pesan. Gerlach dan Ely (1971) menyatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Dalam pengetahuan ini, guru, buku teks dan lingkungan sekolah merupakan media.
Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis,  fotografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual dan verbal. Batasan lain AECT (Association of Education and Communication Technology, 1977) memberikan batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Apabila  media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut media pengajaran.
Pengertian lain disebutkan bahwa Pengertian Media adalah sebuah alat yang menyampaikan fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1977). Media Pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Dapat dikatakan bahwa komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana untuk menyampaikan pesan. Pesan yang dimaksud adalah materi pelajaran, dimana keberadaan media tersebut dimaksudkan agar pesan lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa. Bila media adalah sumber belajar, maka secara luas media dapat diartikan dengan manusia, benda, ataupun peristiwa yang berkaitan dengan kegiatan siswa yang memungkinkan anak didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan.
Substansi dari Media Pembelajaran adalah : 
1.   Bentuk saluran yang digunakan dengan menyalurkan pesan, informasi atau bahan pelajaran kepada penerima pesan atau pembelajar. 
      2.     Berbagai jenis komponen dalam lingkungan pembelajar yang dapat merangsang pembelajar untuk belajar. 
      3.    Bentuk alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. 
     4.     Bentuk-bentuk komunikasi yang dapat merangsang pembelajar untuk belajar, baik cetak maupun  audio, visual, dan audio visual ((Bovee, 1977).


Referensi Sundayana.Rostina.2013.Media Pembelajaran Matematika.Bandung:Alfabeta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar